Tidur Di Ruko Jaman Belanda di Kota Lama Semarang

Tahun ini kembali bisa jalan jalan ke kota favorit di Jawa, Semarang, Jogja, Solo…sebenarnya udah lama sih traveling nya cuman baru sekarang bisa kejadian nulis nya…se perhaps let’s mengingat-ngingat kembali apa yang Saya lihat dan rasa.

Sudah lama ingin tinggal di airbnb di kawasan Kota Lama Semarang ini, nama airbnb nya Spiegel Studio Home, yeappp nama yang sama dengan sebuah bar atau bistro terkenal di Semarang yang menempati bangunan cagar budaya, Spiegel Bistro, dan akhirnya kemarin kejadian juga stay disana…and I just loved it!

IMG_1618

Sepertinya ruko atau shophouse ini dibangun pada abad 19, dilihat dari struktur bahkan lantai kayu dan langit-langitnya, namun entah pastinya kapan.

Menempati lantai 2, Spiegel Home Studio ini memiliki luas yang maha luas untuk ukuran airbnb untuk kapsitas 3 orang, karena menggunakna hampir 3/4 bangunan lantai 2 ruko tua ini.

Interior di desain dengan hangat dan modern, tidak ada kesan tua sama sekali, mungkin supaya tamu yang menginap tidak merasa takut yah dengan interior bergaya Eropa/Amerika ini…gambar di bawah ini adalah tangga kayu tua menuju ke lantai 2, pretty instagramable right? Haha…me personally love this staircase…classic!

Layout sebenarnya sangat sederhan, terbagi menjadi 4 ruangan berbeda, ruangan besar yang terbagi menjadi living room tempat nonton tv, dapur dengan island nya yang menyenangkan dan kulkas semavma SMEG (tapi bukan SMEG sih ahaha), dan tempat makan dengan meja yang cukup buat rame rame.

 

Ruangan lain adalah patio luar tempat hangout cuman karena ini di wilayah deket laut dan typically Kota Lama Semarang punya saluran air yang kurang baik jadinya banyak nyamuk kalo nongkrong di luar.

IMG_1612

Bagian lain adalah kamar mandi yang luas berada agak naik, dramatis dengan hiasan tirai dibalik sliding door dua pintu, super spacious and yeappp super clean!

Nah bagian yang ditunggu adalah tentu kamar tidur yang luas lengkap dengan lemari memanjang dan sofa dan rug berbulu, kamar ini menghadap ke jalan tepatnya memandang bangunan kosong yang sebenarnya akan bagus kalau tidak ada karena bisa langsung melihat indahnya Gereja Blenduk.

Kamar nya menyenangkan dan hangat, ranjang queen size, sofa, lemari yang cukup untuk baju tinggal sebulan hahha…dan AC yang dingin…dan gak usah takut karena kamr ini berada menghadap langsung ke jalan jadinya tidak terasa sepi, bahkan masih bisa mendengarkan (kadang-kadang) security yang sedang jaga lagi ngobrol…jendela panjang kaca sepanjang kamar ini pun membantu kamar ter-expose cahaya yang banyak.

IMG_1606

No need to be scared of ghosts if you plan to sleep over at some old buildings, just think about those beautiful tiles and structure πŸ™‚ somehow it’s relaxing!

Here at Spiegel Home Studio, worry no more as the security guards will be around 24 hours yet the Spiegel Bar closed at midnight, so you can still hear people chit chatting.

All and all I will definitely stay here again, only setelah perbaikan paving block di Kota Lama Semarang ini selesai…berdebu banget bok! Hahaha

#kotalamasemarang #semarang #spiegelhomestudio #spiegelbar #oldshophouse #oldbuilding #heritagebuilding #heritage #saveheritage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s